Minggu, 06 September 2020

Terus Muda Meski Nanti Tua

Kau tak bisa menebak dirimu akan bertemu dengan siapa. Ini ceritaku, perjumpaan dengan Bapak berumur 47 tahun asal Plamongan, Semarang, tapi wajahnya seperti laki-laki berumur 27 tahun ini begitu membekas di pikiranku. Begini pesan-pesan Beliau yang ingin kucatat:

-) Penulis punya banyak imajinasi. Biasanya romantis. Pacarnya senang pasti, meski kadang memang enak sendiri. Apalagi buat penulis, salah satunya bisa lebih konsen. Harus variasi, kumpul rame juga bisa dapat ide.

-) Baru mau rame di Blora, mau Pilkada. Kamu bisa nulis dong masalah Blora, sebagai anak asli Blora, haha. Tauku cuma sate Blora, mebelnya juga terkenal. Perlu diangkat itu, dikombinasikan cerita cinta, semacam cerpen gitu. Siapa tau ada sutradara yang tertarik, bisa diangkat di layar lebar, haha. Bisa juga cerita cinta tayub. Berkhayal boleh lah, semua berawal dari khayalan, itu bagus juga, bisa jadi inspirasi. Dicoba saja.

-) Hidup diisi yang variatif, dibuat gembira. Olahraga, kerja, kumpul, dan ibadah. Sholatmu yang tekun plus sunah. Doakan orangtua, Berdoa sehat, sukses, dan dekat jodoh. Cari jodoh yang baik, sepaham. seagama, bisa menghidupi keluarga. Sepaham itu tujuan sama, dapat komunikasi yang baik. Yang biasa saja yang penting baik.

-) Yang penting cinta sama adik. Saling cinta ideal, tapi lebih baik dicintai, karena lebih memperhatikan adik. Terima apa adanya. Kalau mencintai adik lelah. Seusia adik mending cari yang mencintai adik, syukur-syukur saling cinta. Saling memperhatikan.

-) Kalau orangnya baik, bertanggungjawab, mending disambung. Bertanggungjawab, tahu tugasnya sebagai suami. Pada awalmya bilang mapan yang penting mencukupi kebutuhan dasar. Makan, papan, dan kesehatan. Sambil jalan berkembang. Ukuran mapan, kerja bisa diharapkan hasilnya. Tentunya pasti. Cewek nanya kerja ke cowok nggak matre lah. Cari apa baiknya, yang penting dia orang baik. Simpati sama adik. 

-) Perhatikan pula kebiasaan, tingkah laku, dan ibadahnya. Untuk paham karakter, perlu komunikasi. Pada saat komunikasi itu akan terlihat karakternya. Cari baiknya perhatikan. Biasanya pria suka wanita yang santun, lembut, dan ramah. Wanita yang perhatian. Pinter juga tapi nggak dominan. Cantik juga tapi nggak dominan. Pria baik tidak suka wanita seksi, tapi suka wanita anggun. Jangan minder. Menurutku adik cewek pintar. Karaktermu kuat.

-) Isma: olahraga apa Pak setiap hari? | Bapak: hampir tiap hari tenis, badminton, fitnes. Hidup sehat, dinimkati, nggak ngoyo, tidak ambisius. Ambisi boleh, tapi tidak ambisius. Selalu belajar. Jangan bosan hidup, nikmati aja, berbuat yang bermanfaat buat diri sendiri dan orang lain. Istirahat juga yang cukup. Kalau aku biasanya tidur jam 11 sampai jam 4. Bangun mandi Tahajud dilanjut Subuh.

Makasi Bapak, makasi petuah-petuah berharganya. 

Semarang, 6 September 2020

Tidak ada komentar:

Posting Komentar