Kamis, 02 Maret 2023

Life Cycle, Financial Frictions, and Informal Labor Markets: The Case of Chile

 

Akhir 2019, di Chili terjadi demo yang disebabkan karena kenaikan biaya publik transpportasi. Meski begitu, ada faktor lain yang melatarbelakangi protes, yaitu dana pensiun yang tidak cukup dan biaya hidup yang tinggi.

Fokus penelitian dilakukan di Chili karena dua alasan: 1/ rendahnya tingkat informalitas di negara ini, 2/ Chili menggunakan sistem kapitalisasi penuh.

Selain itu, di antara negara di Amerika Latin, Chili menjadi negara dengan sistem pensiun yang baik. Sistem pensiun swasta ini sebagaimana terjadi di El Salvador.

Instrumen langsung untuk mengatasi masalah tersebut dirumuskan dengan adanya pajak pekerja dan adanya pensiun non iuran (non-contributory pensions).

Makalah ini mengukur eksperimen kebijakan yang kontrafaktual dengan menyajikan model pencarian tenaga kerja dengan elemen siklus hidup, agen penghindar risiko, dan pasar modal yang tidak sempurna.

Penelitian menggunakan metode ekonometrik untuk menghitung dan mengkalibrasi data. Peneliti memodelkan siklus hidup pekerja. Aspek siklus hidup dalam pasar tenaga kerja adalah sesuatu yang kritis untuk memahami kebijakan perdagangan.


Peneliti menyimpulkan, terkait kebijakan stimulus, pemotongan pajak lebih disukai daripada peningkatan pensiun non-iuran. Kebijakan ini dapat mengurangi tingkat informalitas, meski di sisi lain durasi pengangguran jadi lebih panjang.


KUTIPAN:
"[t]his paper finds that tax rates and non-contributary pensions have differentiated effects on labor markets

"As agents move to informal labor markets because the value of a formal job offer relatively decreases after the shock, there is a reduction in current income that cannot be compensated with debt even though the agent is wealthier."

"[a] drop in contribution rates generates the correct incentives on the labor-supply side, decreasing informality in labor markets, although making unemployment a phenomenon with higher duration."

Pierri, D., & Kawamura, E. (2022). Life cycle, financial frictions and informal labor markets: the case of Chile. Journal of Applied Economics, 25(1), 93-120.

Link: https://doi.org/10.1080/15140326.2021.2008761

#damianpierri #enriquekawamura #informal #labor #journal #appliedeconomics #financial #life #cycle

Tidak ada komentar:

Posting Komentar