Rabu, 15 Maret 2023

A Revision of The Shadow Economy in Croatia: Causes and Effects

Ekonomi informal meliputi semua aktivitas yang secara formal sah, tapi ada tendensi untuk mendiskriminasikan mereka dan memberi mereka label inferior.

Ekonomi bayangan atau bawah tanah merupakan fenomena yang melingkupi perspektif legalitas, moral, institusional, kuantitatif, dan ideologis.

Riset ini menunjukkan hubungan antara ekonomi bayangan dan kebijakan ekonomi di konteks ekonomi Kroasia. Apa yang menstimulasi pertumbuhan ekonomi bayangan dan apa ukuran yang dapat mempengaruhi perkembangan mereka.

Meski proses antara ekonomi resmi dan tidak resmi tidaklah sederhana, tapi dua hal ini saling berhubungan dan saling menjalin.

Jika beban pajak meningkat, maka ekonomi tidak resmi meningkat.

Penyebab teoritis ekonomi bayangan yaitu:
1/ Beban ekonomi resmi
2/ Layanan sektor publik
3/ Moralitas pajak dan kontrol pemerintah
4/ Kondisi pasar tenaga kerja
5/ Faktor struktural

Salah satu bentuk dari ekonomi tidak resmi juga adalah penghindaran pajak. Kroasia menjadi salah satu negara dengan pajak yang rendah. Penghindaraan pajak berdampak pada kemampuan pemerintah untuk mendistribusikannya secara adil.

Periode 2000-2008 menjadi salah satu masa kesuksesan ekonomi Kroasia. Perkembangan ekonomi jika dibandingkan dengan negara-negara di Uni Eropa atau berdasarkan standar makro-ekonomi bisa dikatakan stabil.

Pertumbuhan ekonomi Kroasia di atas 4 persen, inflasi rendah, dan berkurangnya tingkat pengangguran dan berkurangnya angka defisit.

Meski di antara tahun 2008-2010 mengalami penurunan secara ekonomi dan resesi.

Rekomendasi untuk pemerintah untuk ekonomi bayangan: layanan berkualitas tinggi dari sektor publik, transparansi aturan dan regulasi, pengeluaran negara yang rasional, hingga adanya kesempatan yang sama bagi perusahaan kecil di pasar modal.

KUTIPAN:
"The informal economy encompasses all activities that are formally legal but ideologically suspect; hence there is an official tendency to discriminate amongst them and give them an inferior status."

Bejaković, P. (2015). A revision of the shadow economy in Croatia: causes and effects. Economic research-Ekonomska istraživanja, 28(1), 422-440.

http://dx.doi.org/10.1080/1331677X.2015.1059104

#predragbejaković #economy #shadoweconomy #routledge #journal #croatia #tax #culture

Tidak ada komentar:

Posting Komentar