“Adakah hari lain? Semua tak kan berubah.”
Penggalan lirik lagu “Bangku Taman” karya Pure Saturday ini begitu menggambarkan banyak hal dalam hidup saya setahun ini. Lagu tersebut menjadi lagu paling banyak saya dengar sepanjang tahun 2021. Momen yang begitu puitis ketika saya mendengar lagu ini di sebuah bus dari siang menuju sore ketika menempuh perjalanan seorang diri dari Tulungagung ke Trenggalek untuk keperluan riset lapangan. Di dalam bus, kuping saya mendengar dan mata saya melihat jalan raya yang seperti berlari, sementara pohon-pohon di sisi kiri dan kanan serasa membuat saya memasuki sebuah Nirwana yang lain. Untuk sekian kalinya saya dibuat namaste karena sebuah lagu.
“Siang, saat panas, membakar muka yang penuh, peluh dan luka... Luka...”
Lagu itu terus bersenandung. Januari dan Februari 2021 saya lalui dengan bertandang ke beberapa kota Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Yogyakarta, menyelesaikan riset terkait cyber troop Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES). Dari banyak kesan, tentu pengalaman. Saya bertemu dengan keluarga baru di Blitar (juga berkunjung ke Makam Bung Karno), masuk ke POLDA Jawa Tengah, menemui kawan lama di Semarang, wawancara Bung aktivis di Bandung, atau berkunjung ke beberapa kenalan di Jakarta.
Album Time for a Change - Time to Move On |
Kepindahan saya didasari dua alasan, pertama lingkungan yang cepat/lambat akan merusak saya, kedua kos baru ini lebih dekat dengan pekerjaan baru saya sebagai editor lepas di Penerbit Pocer dan Tanda Baca milik Mas Eka Wijaya atau kerap disapa Eka Pocer. Setelah berselancar di internet, akhirnya saya mendapat kos yang suasananya 180 derajat dari yang di Godean. Kos itu bernama Vidagarin di Jalan Pandega Rini, Kenthungan (utara UGM). Pemiliknya ada duo eyang suami-istri yang sudah sepuh tapi sangat perhatian dan baik. Kos eyang adalah kos paling ideal selama saya pernah ngekos, perabotan lengkap, ada wifi, ada taman, ada dapur, jendela yang lebar, serta yang lebih penting saya bisa melihat awan dan menghirup udara segar setiap hari.
Di Kos Vidagarin, ada sekitar 18 kamar kalau tidak salah, termasuk kawan SMP-SMA saya bernama Ika ngekos di sini. Sebagian besar bekerja dan sebagian kecil anak kuliahan UGM dan UNY. Di sini kami pernah masak bersama ketika Idul Adha. Eyang membagikan beberapa kilo daging untuk dimasak, sambil dibantu Mbak Sri penjaga/PRT kos. Eyang putri tiap pagi sering olahraga, dan eyang kakung begitu rajin mengecek motor-motor penghuni kos setiap malam, setiap hari. Eyang putri sesekali curhat ke saya, semisal ketika ngecek motor ada yang kurang, eyang kakung akan sangat gelisah tak bisa tidur dan mengomel pada diri sendiri. Dari sini saya belajar, betapa bertanggungjawabnya eyang kakung, bahkan di usia setua itu. Di kos ini juga saya belajar memasak secara intensif, ini membuat saya sangat jarang beli makan di luar. Pasar pun sangat dekat, mudah dijangkau, dan murah.
Sehat-sehat eyang (Sumber: Mami Kos) |
Selain itu, menggiati hobi lama saya untuk ziarah ke makam. Saya juga sering berkunjung ke Makam Keluarga Besar Universitas Gadjah Mada di Sawitsari yang sangat dekat dengan kos. Di sampingnya juga ada makam kecil tokoh pendiri BRI. Di Makam Keluarga Besar UGM ada beberapa nama intelektual yang saya kenal di sana, seperti Kuntowijoyo (sastrawan, budayawan), Prof. Muslim (fisikawan yang sering disebut oleh pembimbing skripsi saya), Herman Johannes (insinyur, rektor UGM), juga pakar ekonomi kerakyatan Prof. Mubyarto yang makamnya sangat dekat dengan Kuntowijoyo, serta banyak nama lain yang saya lupa nama-namanya. Setiap kali saya berkunjung ke makam itu, cita-cita saya untuk menempuh pendidikan setinggi-tingginya selalu terlecut, karena di nisan-nisan itu banyak yang bergelar Doktor dan Profesor.
Buku "Dinamika Sejarah Umat Islam Indonesia" oleh Kuntowijoyo |
Ingat ini, saya jadi keingat pas perjalanan pulang dari Trenggalek ke Jogja. Saya sempat mampir ke tempat kelahiran Bapak saya di Bojonegoro dan menyempatkan diri berkunjung ke makam Mbah Kung dan Mbah Yi di Makam Rider Bojonegoro. Saya sampai saat itu malam sekitar pukul tujuh dan makam pagarnya ditutup, saya nekat masuk ke dalam karena nisan Mbah Kung dan Mbah Yi sangat dekat dengan pagar. Dan di makam itu saya bisa menangis sepuas-puasnya, gak tahu, nangis saja di malam yang gelap sampai beberapa lama, kemudian rasanya lega. Mungkin di alam sana Mbah Kung dan Mbah Yi heran, ngapain ini cucunya datang kok malah sesembikan. Saat itu kondisi saya memang labil secara emosi, banyak yang saya pikirkan, ditambah ada pergolakan lain setiap saya ke Bojonegoro beserta keluarga besar Bapak.
Menelusuri dan Mencatat Jejak Tirto Adhi Soerjo di Kota Bojonegoro (Sumber: Jurnaba.co) |
Bapak saya pernah bercerita, Makam Rider itu dari kata leader (pemimpin), yang dimakamkan di makam tersebut kebanyakan para rider, hanya keturunan rider yang bisa dimakamkan di sana termasuk kakek saya. Lah, kalau kakek saya keturunan KRA Tirtonoto; berarti saya ada silsilah dengan Tirto Adi Suryo dong? Dan saya langsung keingat, di tahun 2019 lalu saya pernah menziarahi makam TAS di Bogor. Di sana saya sempat tersesat karena kompleks makamnya sangat besar hingga harus mencari penjaga untuk menunjukkan makamnya. Ya Allah, tidak sia-sia perjalanan ini sampai saya bisa mengenal peta silsilah masa lalu nenek moyang secara lebih luas. Saya juga ingat kata Bapak saya, nama Ningrum yang ada di nama lengkap saya sejarahnya terkait dengan darah bangsawan, Jawanya mriyayeni. Bapak ingin nasib saya juga seperti itu.
Pekerjaan
Sepanjang tahun 2021, ada empat pekerjaan lepas yang terkadang saya tandangi dalam satu waktu. Jadi editor, sekaligus jadi proofreader, sekaligus nulis laporan riset, sekaligus review jurnal. Kadang juga menerima job penulis konten dan transkrip. Semuanya pada bos yang berbeda-beda. Stres? Jelas. Depresi? Pernah. Sebab semuanya kerja-kerja otak—dan hanya itu yang saya bisa—saya tak bakat di dunia kerja-kerja fisik mengingat tubuh saya yang kecil dan sering dikatakan ngantukan. SJW kalau saya bilang kerja, kerja, kerja membuatmu sejahtera; apalagi di rezim upah murah Jogja di kolam gig ecomomy.
Di pekerjaan sebagai editor bersama Mas Eka, Mbak Tami, Mbak Fitri, dan Olen; setiap hari Senin dan Kamis saya berangkat ke kantor Pocer. Gaya kerja di Pocer fleksibel, kekeluargaan, dan duo Mas Eka-Mbak Tami sering membawai saya makanan-makanan yang membuat saya kenyang di kos. Saya di Pocer seingat saya dari bulan Februari sampai Agustus, sekitar kurang lebih enam bulan itu ada tiga buku yang berhasil saya edit: “Mimpi Tiga Pengelana” karya Irfan Afifi, “Di Balik Kubus Putih: Perjalanan Ruang dan Rupa” karya Alia Swastika, dan “Onak dan Tari di Bukit Duri” karya Magdalena Sitorus. Perjalanan mengedit tiga ini telah mengajari saya banyak hal. Saya juga sadar, saya tipe orang yang boleh dibilang lambat dalam mengedit, tapi saya selalu mengusahakan untuk bekerja sebaik yang saya bisa dengan segenap kemampuan saya.
Sumber: IG @penerbit_pocer |
Lalu pekerjaan sebagai proofreader, saya banyak berhubungan dengan Penerbit Circa yang dikelola oleh Mas Tia Setiadi (penulis/penyair). Mungkin hampir setiap bulan saya datang ke sekretariat Circa di Sorosutan, Umbulharjo, bertemu dengan para editor, ilustrator, dan teman-teman admin untuk melakukan finishing buku. Ketika rapat, karena saya banyak diam dan perempuan satu-satunya terkadang saya merasa aneh, apa memang dunia penerbitan Jogja didominasi laki-laki ya? Entah. Penerbit Circa banyak menerbitkan naskah-naskah terjemahan. Buku-buku yang pernah saya proofread di antaranya: Propaganda - George Orwell; Masa Depan Literasi – Umberto Eco; Mitos Promotheus - Albert Camus; Dilarang Masuk - Orhan Pamuk; Seni Meraih Kegembiraan - Seneca; Dalam Bayang-Bayang Mayoritas yang Bungkam - Jean Baudrillard; Aku Bukan Manusia, Aku Dinamit – Friedrich Nietzsche; Politik Pengetahuan - Edward Said; hingga Tentang Interpretasi – Aristoteles.
Sumber: IG @penerbitcirca |
Laporan Terbit di Kompas cetak |
Sebenarnya di dalam hati kecil saya, tak pernah sekali pun saya bermimpi akan bekerja sebagai Humas. Mengingat bidang ini berisi orang-orang yang secara skill komunikasi sangat bagus, sedangkan saya merasa skill komunikasi saya di bawah passing grade. Ketika saya masuk, ternyata banyak hal yang saya tak duga dan dari situ saya banyak belajar. Saya juga semakin mengerti bagaimana budaya kerja di instansi pemerintahan setingkat kementerian. Beberapa kali sudah saya bertemu dengan Pak Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian ketika peliputan, menurut saya Pak Tito salah satu pemimpin yang cerdas, punya wibawa, dan tas-tes. Di sini saya masih perlu sangat belajar, terlebih ketika atasan mengkritik cara kerja dan komunikasi saya, yang saya terima dengan lapang dada.
Kalau diingat lagi, saya juga merasa aneh bisa sampai ke Kemendagri? Di sini PNS-nya banyak diisi oleh lulusan dari Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), sekolah yang Bapak saya ingin sekali saya lolos ke sana. Saya daftar IPDN hingga tiga kali dari tahun 2011, 2012, dan 2013 hingga umur saya tak lolos lagi di syarat pendaftaran. Lulus SMA saya cukup semangat, dan cukup berusaha berolahraga dan belajar; meski selalu belum jalannya. Pengalaman mengikuti banyak tes IPDN dari Cepu, ke Blora, ke Semarang sering membuat saya pilu dan sedih. Pengalaman kegagalan itu sedikit banyak membekas.
Koran yang saya beli tahun 2020, mengapa Mas Wija dan Pak Tito ada di lembar yang sama? |
Ya, saya masih belajar, saya masih belajar, saya masih belajar. Terima kasih untuk teman-teman Humas: Muja, Pak Aang, Pak Dino, Pak Aten, Bu Nerlin, Mbak Anggun, Mbak Cyce, Mbak Ica, Mbak Farah, Mbak Yayuk, Mas Juna, Mbak May, Mbak Tika, Mas Hafi, Mas Imam, Mas Rizki, Mas Aldes, Mas Sus, Mas Agus, Mas Acang, Mas Azhari, Mas Dwi, Briam, Mas Ryan, Farid, Fakhri, Rangga, dan Mas Ale.
Jakarta, Jakarta, Oh Jakarta
Di Jakarta, saya ngekos di Kos Pak Mamat di Jalan Petojo Enclek, Gambir, Jakarta Pusat. Dapat menempati kos ini menurut saya adalah berkah. Pertama, karena sewanya yang murah; kedua, di kos ini saya semacam memiliki keluarga besar, asyik-asyik, dan orangnya homey-homey. Boleh dibilang memang kosnya sangat ramai, kami sering bersama main kartu Uno (saya baru pertama kali belajar di sini), masak bareng, makan besar bersama, selamatan bersama, nyanyi bersama, gitaran bersama, main keluar pakai motor bersama, dan segenap kelakar menyenangkan lainnya. Di Kos Pak Mamat inilah, di antara semua kos yang pernah saya tinggali, saya merasa punya keluarga beneran di perantauan. Makasih untuk keluarga besar Kos Pak Mamat tercinta: Mas Adi, Mbak Sri, Mbak Dilla, Mbak Vanda, Mas Bhre, Mbak Iim, Mas Taufiq, Mbak Ayu, Pak Bute, Mbak Lita, Mas Adi Calluma, Mbak Mei, Mbak Sofi, Mas Boy, Alfath, dll.
Kos Pak Mamat |
Arena Liar di Krintji |
Nikahan Mas Broto di Cilacap |
Rapat Persiapan |
Santri Aminul Ummah Garut |
Malamnya, kami rombongan menuju Telaga Bodas naik mobil tua pondok. Bodas dalam bahasa Sunda berarti putih, karena saat itu datangnya malam, saya tak melihat apakah warnanya putih atau tidak, yang jelas di sana banyak kolam pemandian belerang yang sangat nyaman untuk berendam. Kami pun semua berendam di telaga itu sambil gosipin teman-teman kami yang lain. Awalnya saya dan Uwi ragu, tapi sayang sudah sampai sini. Akhirnya kami ikut nyebur, dan sejenak rasanya beban-beban hidup seberat apa pun terasa luntur sejenak terkena air belerang yang hangat. Setelah berendam, kami pun makan nasi liwet Sunda secara melingkar. Duh, nikmat mana lagi yang kau dustakan: good friends, good food, good place, good vibe, good jokes. MEREKA SEMUA ADALAH HARTA BERHARGA SAYAAA!!!!!
Telaga Bodas (Sumber: Dakatour) |
Saya agak terharu dengan sopirnya yang mencari celah-celah cepat, sampai kejeglong miring di sebuah parit, penumpang komplain, sedangkan di sisi lain penumpang mengucap tolol pada mobil kelas menengah yang seenaknya putar balik di pertigaan. Jalanan memang keras. Sedangkan sopir angkot dari Lebak Bulus ke Pamulang hanya dihargai Rp6.000-7.000. Angkot itu harus bertarung dengan usianya yang tua, mesinnya yang mulai dol, kelirnya yang blawur, dan keangkuhan para pasukan transjakarta. Mbak Rizki sebenarnya menyarankan saya untuk naik Gojek/Grab, namun pengalaman naik angkot ini memberi saya nilai hidup yang lain. Belum lagi di Spotify, saya ditemani lagu Endah N Rhesa berjudul “Pulang Ke Pamulang” di playlist Cerita Kota yang saya buat.
The Comrades IB: Rebel for Life |
Di rumah Mbak Rizki di Pamulang |
Timur
“Namun tiap kudengar namamu, makin terbayang masa depanku
Semakin jelas tujuan, dan yang harus kulakukan...”
Lagu-lagu yang bisa ngertiin saya |
Duh, kalau kau beranggapan Tinder negatif, plis, jangan hakimi saya. Tinder sebagaimana dunia nyata, peluang kebaikan dan keburukan selalu ada. Tinggal bagaimana kita mengelolanya. Dan masalah mengelola adalah masalah menghitung, kalau tidak mampu menghitung, kita tak akan mampu mengelola. Tapi begini sekilas kesimpulan saya selama bermain Tinder sejauh ini, kemungkinan kamu untuk mendapatkan pasangan yang benar-benar kamu inginkan hanya nol koma nol-nol sekian; tapi di sini saya bisa menjamin 75 persen kau akan belajar terkait relationship dan kehidupan dari para stranger yang bisa kau ajak berbicara secara deep talk. Awal memang penuh basa-basi, tapi Tinder bisa jadi wadah untuk putus berkali-kali dan kau bisa mengambil banyak pelajaran dari sana.
Tahun lalu saya pernah membahas satu orang teman Tinder yang bekesan, karena tahun lalu sedikit orang yang saya temui. Kali ini, saya akan bahas beberapa, karena sampai sekarang saya masih berteman baik dengan mereka. Mungkin kau bertanya, mengapa tak mencari di dunia nyata saja? Saya akan jawab sudah, bermain aplikasi ini merupakan alternatif lain karena saya hidup di dunia yang telah memasuki revolusi industri 4.0, revolusi digital dengan semua teknologinya. Di mana banyak sekali hal-hal artifisial dan menipu di sana. Bersama-sama diajak menuju ruang simulakrum dengan semua simulakra-nya, yang maya seolah nyata. Jika saya hidup di zaman 80-an atau zaman homo erectus metode cari jodohnya akan berbeda lagi. Jadi kenapa saya main Tinder? Sebab saya telah dikondisikan sistem untuk menjadi sekrup kecil dari teknologi mesin besar perjodohan fana.
Tinder jadi tempat saya berburu meme/shitpost juga, haha |
Sebentar saya jelaskan sedikit background-nya, bekerja sebagai
aparatur desa, punya passion di bidang bisnis dan punya usaha ternak ayam (sebelumnya
dia pernah mencoba berbagai usaha), tipe ENTP di MBTI (tipe Pendebat), dan
pekerja keras. Dari dia saya belajar banyak cara mengatur uang, cara mengelola
uang, cara investasi saham dan reksadana (dari A s.d Z), cara berhemat, dan
strategi finansial lainnya. Sejak mengenal dia, teknik pengelolaan keuangan
saya jauh membaik. Berkat dia juga saya memutuskan jadi investor teri di
aplikasi saham warna biru dan reksadana warna hijau; dia prefer untuk main
saham saja, jangan reksadana, karena kita bisa ngatur sendiri bukan diatur
manajer investasi.
Suatu hari saya pernah bertanya ke dia, kamu ingin jadi apa? Seingat saya dia bilang ingin jadi pengusaha dan trader. Dia bertanya balik, saya ingin jadi apa? Saya jawab, saya mau jadi ilmuwan dan intelektual. Kalau saya ingat lagi, kawan saya ini banyak membawa dampak dalam hidup saya. Banyak keputusan-keputusan penting yang saya ambil berdasarkan saran dan arahan dari dia. Setelah saya ke Jakarta, kami jarang teleponan lagi sebagaimana di Jogja dulu. Hanya beberapa kali saja, kebanyakan lewat pesan WA. Sampai sekarang kami masih berkawan baik. Bagi saya dia adalah kawan diskusi yang asyik. Bersama dia, saya tak pernah sepi obrolan dan tak bisa diam.
Kawan Tinder kedua, dia orang kelahiran Jogja, beragama Katolik, guru SD Kanisius, dan pas mahasiswa pernah ikut pers mahasiswa (ini kenapa kami cepat dekat mungkin). Orangnya halus, sabar, dan tak banyak bicara—jadi kalau kita bareng, sering begitu diem-dieman aja. Kami pernah jalan bersama sebanyak empat kali. Pertama, kami jalan-jalan di Museum Jogja Kembali, makan soto bathok, dan menikmati senja (ceilah) bersama di Langensari. Pertemuan kedua, kami janjian main ke pantai-pantai di Gunungkidul. Sempat tersesat waktu itu, tapi akhirnya bisa lihat beberapa pantai, salah satunya kompleks pantai di Pantai Ngobaran yang ada candi-candinya.
Depok Beach |
Sama kawan saya ini, sampai sekarang kami masih berhubungan baik. Meski komunikasi kami sudah sangat jarang. Terakhir kali mengirim pesan ke dia saat hari natal kemarin, saya memberinya ucapan Selamat Natal.
Kawan Tinder ketiga yang berkesan, dia lama tinggal di Bandung, keturunan Minang, dan transmigrasi ke Yogyakarta untuk memulai hidup baru katanya. Kami pernah sekali bertemu, dan orangnya lucu, haha, iya, dia pinter buat lelucon gitu. Dari cerita hidupnya, semasa kuliah di sebuah institut teknologi terkenal di Bandung, dia telah mencoba banyak hal. Passion kawan saya ini juga di dunia usaha, dia mengaku gak betah kerja kantoran. Yang mempersatukan kami dari sekian banyak bidang dalam hidup adalah musik, selera musik indie kita hampir sama, haha. Kami saling tukar-tukaran playlist dan rekomendasi lagu ini-itu, karena dulu anak band, rekomendasi musiknya lebih banyak. Dia saya perhatikan tengah mengalami quarter life crisis juga, merasa hampa di umur 28-an, pergi ke kota-kota asing untuk mencari jawaban, dan segenap kegalauan hidup lainnya. Dengan kawan ini, saya masih berhubungan baik juga via WA, sesekali saling komenan status. Saya berdoa semoga dia memang menemukan apa yang dia cari di Jogja.
Kawan Tinder lain yang saya temui, barangkali hanya sekadar lewat, kami bertemu sekali dan tak ada kabar lagi. Saya bertemu mereka kebanyakan di warung kopi yang ada di Jogjakarta, sepanjang yang saya ingat, saya pernah bertemu dengan dua dosen, pekerja IT, pekerja pabrik, pekerja Kereta Api, pekerja spare part otomotif, freelancer, peneliti lepas di sebuah kampus, dari semuanya no emotional feeling. Kami bertemu dan saling bercerita pekerjaan, pengalaman hidup, dan pulang. Kebanyakan juga saya hanya jadi pendengar saja.
Penutup
Sepanjang tahun 2021, saya lebih banyak menonton film dari tahun-tahun sebelumnya. Nonton film ini jadi semacam hobi baru saya, khususnya karya Wes Anderson, lebih banyak belajar arsitektur rumah dari karya-karya Mande Austriono, dan ingin lebih banyak berkeliling dalam kota.
Karya @mondododo |
Karya @mondododo |
Saya tak begitu yakin tulisan ini akan saya akhiri dari mana. Membaca LPJ hidup saya dua tahun ke belakang (LPJ 2019 yang api dan LPJ2020 yang air), elemen tahun ini dalam kalender hidup saya adalah tanah. Prestasi spiritual saya selama setahun ini bisa konsisten melakukan puasa Senin-Kamis. Saya juga kagum dengan ajaran Buddha: Maitri (membahagiakan orang lain), Karuna (meringankan derita orang lain), Mudita (ikut bahagia dengan orang lain), dan Upeksa (tak ada diriku, yang ada orang lain).
Doa saya untuk tahun 2022 ini: Semoga saya menjadi orang yang stabil di antara naik-turunnya kehidupan, semoga saya bisa stabil finansial juga sehingga lebih bisa banyak membantu orang, bertemu dengan Timur saya, lebih disiplin, dan semoga saya bisa jadi orang yang lebih laut lagi. Terima kasih 2021.
Petojo Enclek, Jakarta, 31 Desember 2021-1 Januari 2022
Tidak ada komentar:
Posting Komentar