Kamis, 03 Juni 2021

Hai Mabel

Ya, mungkin begitu lama aku menemukan siapa diriku dan apa cita-citaku. Apa yang membuatku tidak bahagia, bahagia saja, atau sangat bahagia. Bahkan dari segi makanan, aku bisa memahami bagaimana selera yang dipengaruhi oleh kosmos besar dan kecil bekerja. 

Kemarin aku semacam mendeklarasikan diri terkait cita-cita: aku ingin menjadi folkloris. 

Pagi ini aku menemukan alasan kenapa aku menyukainya, karena dia meliputi semua hal yang ingin aku pelajari, ada bahasa, seni, semiotika, dongeng, cerita, rakyat, pengetahuan lokal, imajinasi, mitos, kehidupan, budaya, musik, keindahan, keunikan, dan segala hal yang kusuka (kuimpikan) di dalamnya.

Pagi ini pula, untuk pertama kalinya aku membaca ada folkloris perempuan bernama Mabel Peacock (1856-1960), penulis cerita rakyat asal Inggris. Dia membuat koleksi cerita rakyat di wilayahnya, menulisnya dalam jurnal dan buku harian, dia saksi yang menulis cerita dari Lincolnshire. Jangan-jangan cerita Mabel: A Mermaid Fable terinspirasi dari nama beliau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar