Rabu, 01 Desember 2021

Merayakan Aku, Kebebasan Kebebasan

Aku berjanji akan lebih banyak berbahagia lagi. Aku akan lebih banyak keliling di dalam atau luar kota untuk menikmati kebebasanku sebagai perempuan, single, dan tak ada tanggungan apa-apa. Suatu hari kebebasan jenis ini akan sulit kudapat, di mana aku masih bebas untuk berjalan kesana-kemari. Di samping aku bisa belajar apa saja, ajaran positif apa saja, dan menaruh hormat pada agama apa saja, belajar darinya. Terima kasih untuk Allah, Muhammad, Buddha, Yesus, Bunda Maria, Kongco, Dewi Kwan Im, dlsb. Oh really, people change!

Aku mengucapkan terima kasih juga pada tempat-tempat hidup yang telah memberiku banyak kenangan: Cepu, Jogja, Semarang, Bukit Raya, dan Jakarta. Sepanjang umurku, aku dididik oleh kota-kota/tempat itu. Melihat kawanku lagi yang dulu pernah seperjalanan mendaki Bukit Raya, aku serasa dikembalikan ke alam. Aku rindu berpetualangan dengan membawa ransel, memegang kamera, dan wardrobe yang Isma banget--juga sesekali membaca National Geographic. Melihat hasil potretan kawanku itu, energinya yang dari hati sanggup aku rasakan. 

Aku ingin belajar cara memotret dan mengarsipkan. Setelah memotret, akan kupindah ke laptop dengan layar IPS, FHD, dan tersimpan di memori SSD. Aku ingin memotret langit dengan sering, memotret warna hijau yang ada di alam lebih sering, belajar budaya lokal lebih sering, jalan-jalan lebih sering, tapi doaku yang lebih penting: tetap kalem, tetap mandiri, tetap kreatif, tetap sabar, tetap mencintai alam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar