Kamis, 03 September 2015

Tentang lpmarena.com

Oleh Taufiqurrahman Sn
 
Portal milik Lembaga Pers Mahasiswa ARENA UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta telah memberikan warna bagi sebagian hidup saya. sebagai seorang yang pernah mengelola, rasa cinta dan loyalitas terhadap lembaga ini sangat tinggi, bahkan sampai sekarang saya selalu membukanya, untuk melihat progres sekarang atau sekedar update informasi kampus.

Di sini saya tidak akan membahas tentang ARENA masa lalu, saat pertama kali digagas oleh kang Slamet Effendy Yusuf atau yang sering dikenal SEY. Seorang tokoh nasional yang keberadaannya hari ini telah memberikan warna bagi bangsa ini. Tapi saya ingin sedikit cerita soal kemunculan portal lpmarena.com yang sampai sekarang masih bisa update. Yang artinya masih ada dinamika dan dealektika didalamnya.

Saya masih ingat betul pada tahun 2010, saat pertama kali bersinggungan dengan lembaga ini. Saat itu ARENA sudah memiliki portal lpmarena.com, sebuah terobosan yang cukup maju, karena saat itu masih banyak lembaga pers mahasiswa yang belum mempunyai portal resmi, tapi kebanyakan masih memakai blogspot atau wordpress dan saat itu banyak yang masih konsentrasi pada penerbitan cetak, seperti buletin dan majalah.

ARENA pun pada tahun 2009 sempat memiliki portal gratisan arenasukijo.wordpress.com saat Pemimpin Umumnya Erick Tanjung yang sekarang menjadi jurnalis suara.co. Namun setahun kemudian pada masa Ulpha San , seorang pengusaha sekaligus calon ibu rumah tangga itu, portal ARENA di rubah menjadi lpmarena.com dengan koordinator portal saat itu Habiburrahman, seorang aktor dan pekerja seni yang tak diragukan lagi karya karyanya.

Di akhir tahun 2010 inilah, pengurus saat itu mulai membenahi manajemen redaksi dan cukup intens melakukan pembenahan dibidang produksi media online. Saat itu yang menjadi garda depan portal lpmarena.com adalah senior saya Uha Muhaimin, yang sekarang sedang menggagas sebuah gerakan kerakyatan di Cilacap sana.

Portal lpmarena.com bertahan selama kurang satu tahun lebih. Nah, tepat pada tahun Februari 2012, masa aktif portal lpmarena.com habis. Saat itu, saya tiba-tiba dipasrahi (diberi tanggungjawab) oleh Pemimpin Umum Ulpha San untuk mengurusi lpmarena.com. Saya yang saat itu tidak tahu menahu soal bidang ini, tetap tak bisa menolak, karena saking hormatnya saya pada beliau. Saya harus bisa, pikir saya saat itu.

Dengan usaha dan kerja keras kesana kemari akhirnya saya ketemu dengan Eko Budiono, seorang jenius dibidang teknologi informatika. dia adalah perancang portal lpmpendapa.com. Saya berguru dengan dia, bahkan sempat beberapa kali bermalam di sekre Lpm Pendapa Tamansiswa agar saya bisa mencuri ilmunya mas Eko ini. Setelah bertukar pikiran sama dia, akhirnya aku mendapatkan pencerahan. Bahwa hosting lpmarena.com harus diganti. Sebab apa, sebab hosting dan domain lpmarena.com yang dulu tagihan tahunannya sangat mahal. Sekitar 600 ribu lebih.

Padahal di web hosting yang satu ini saya bisa membuat portal lpmarena.com hanya sekitar 200 ribu pertahunnya. fix. Akhirnya setelah saya diskusikan dengan pengurus transformasi hosting ini direstui. sampai disini ternyata tugas saya belum selesai. Ternyata ada tugas baru yang menunggu.

Saya sekaligus ditugaskan untuk membuat template lpmarena,com. Meski saya tidak bisa, tapi berkat usaha dan belajar saya bisa menampilkan perwajahan baru lpmarena.com. Saya kira setelah lpmarena.com jadi tugas saya sudah selesai.

Ternyata belum. Sekitar akhir 2012 saya dipercaya untuk mengelola portal lpmarena.com. Saya menjadi koordinator portal yang tugasnya selain mengisi konten juga mengedit setiap naskah yang masuk dan menguploadnya. Hal ini berjalan berbulan-bulan sampai akhirnya tanggungjawab ini saya limpahkan kepada kawan Folly Akbar yang sekarang menjadi jurnalis di koran nasional Jawa Pos Jakarta.

Di tangan pemuda asal Cirebon tersebut, portal lpmarena.com semakin maju pesat, berbagai inovasi digalakkan agar tradisi menulis di portal semakin lancar dan produktif. Sebab, saat itu tren menulis di buletin SLiLiT itu lebih bergensi dari pada nulis di lpmarena.com sangat terasa. Lantas saya sama Folly ingin mematahkan sugesti itu, dengan membuat daftar penulis yang ditempel di dinding kantor ARENA. Selain itu, setiap saya mengobrol dengan kawan-kawan ARENA selalu saya singgung tentang tulisan di lpmarena.com. Dengan tujuan agar kawan-kawan terbiasa dan merasa dekat dengan lpmaena.com.

Sementara untuk promosi dan sosialisasi lpmarena.com ke publik terus kita galakkan. Dengan cara membuat poster dan stiker lpmarena.com dalam setiap event dan memasang nama lpmarena.com dalam setiap produk buletin maupun majalah. Bahkan dalam sebuah jaket dan kaos. Prestasinya portal lpmarena.com sempat dikunjungi sekitar 1.600 views dalam kurun waktu kurang dari 24 jam. yakni saat kampus merayakan pesta Pemilwa 2013.

Minggu ke empat bulan Februari 2014, portal lpmarena.com berakhir, Folly yang bertanggungjawab soal ini telah memperpanjang hosting dan domain dengan baik. Saat itu kuota bandwithd dan disk lpmarena.com juga ditambah, karena sudah mendekat full. Setelah itu, saya terbesit untuk mengubah tampilan lpmarena.com dengan yang lebih baru, simple dan lebih fresh. Akhirnya ketemulah template yang sekarang bisa aku, kamu dan kita nikmati saat ini.

Tahun 2014, saya sudah tidak masuk kepengurusan ARENA setelah bersama sama menerbitkan Majalah ARENA 2014 dengan judul "Wong Cilik dipusaran Konflik" dengan Pimpinan Redaksi saat itu Robi Kurniawan, sekarangpun dia masih menjadi pimred dengan media yang berbeda. Saat ini tampuk kepemimpinan ARENA dipegang oleh Jamaludin Ahmd, seorang ahli fikir dan penikmat buku-buku berbau filsafat.

Di bawah kepemimpinan Jamal ini, portal lpmarena.com dimandatkan kepada Ulfatul Fikriyah, seorang calon guru dari kota Cilacap. Di tangan terampil Ulfa dan dibantu oleh Isma Swastiningrum, si multitalent asal Blora itu, portal lpmarena.com terus update sampai detik ini. Kedua orang inilah yang mengatur lalu lintas naskah di lpmarena.com. Jadi berbaik hatilah kepada mereka berdua, agar naskah kamu lolos koreksi mereka.

Yang ingin saya katakan dalam tulisan ini adalah, tadi malam saya iseng membuka cpanel http://lpmarena.com/. Sungguh saya terkejut karena ada warning yang menunjukkan bahwa bandwihtd dan disk hosting mendekati limit. Jika dalam waktu sekitar 4 hari tidak segera ditambah, maka lpmarena.com tidak akan bisa diakses.

Oleh karena itu, saya berharap kepada Ulfa untuk segera merespon ini dan segera membelikan paket hosting dalam kurung waktu kurang dari 96 jam mulai sekarang.

Ingat apa L P M A R E N A dot C O M

Tidak ada komentar:

Posting Komentar