Rabu, 23 September 2015

Doa Murid karya Umberto Maturana


Jangan paksakan kepadaku apa yang kauketahui
                                Aku ingin menyelami apa yang tidak kuketahi
                dan menjadi sumber dari penemuanku sendiri
Biarkan yang diketahui mejadi pembebasanku, bukan penghambaanku.

Dunia kebenaranmu dapat menjadi pembatasan bagiku;
                                kearifanmu menjadi sangkalanku.
                Jangan menyuruh-nyuruh aku, mari kita berjalan bersama
Biarkan kekayaanku dimulai di tempat kekayaanmu berakhir.

Tunjukkan kepadaku agar aku dapat berdiri
                di atas bahumu.
Ungkapkan dirimu agar kau dapat menggali
                sesuatu yang berbeda.

Kau percaya bahwa setiap manusia
                                dapat mecintai dan mencipta.
                Maka aku pun memahami rasa takutmu
ketika aku memintamu hidup sesuai dengan kearifanmu.

Kau tidak akan tahu siapa aku
                                dengan hanya mendengarkan dirimu sendiri.
                Jangan menyuruh-nyuruh aku; biarkan saja aku begini.
Kegagalanmu adalah jika aku identik denganmu.

#“Caring” oleh Marcial Losada, diilhami karya Umberto Maturana “The Student’s Prayer”. Tidak diterbitkan sebelumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar