Friday, June 21, 2013

Jalan-jalan Di Semarang (Semarang Contemporary Art Gallery)

Sekitar jam empat sore-an. Aku terus berjalan-jalan melewati gang-gang. Aku perhatikan bangunan-bangunannya, aku senang, hatiku bebas, aku perhatikan bangunan yang menurutku menarik, salah satunya ada tulisan besar "PEEK HOUSE". Aku nggak tahu ini gedung apa, gedung ini terawat. Dan betapa terkesimanya aku dengan tulisan di atas pintu masuk bertulis:
Semarang
ContemporeryArtGallery
Di depannya ada patung orang melamun tak memakai baju berwarna merah  tua berwajah aneh.
Aku pengen banget masuk, dari luar lukisan/foto-foto sudah menarik perhatiannku. Aku ragu.. pengen masuk ntar jangan-jangan mbayar atau yang apes ini miliknya orang kaya Tiong Hoa/Belanda/Jepang yang gak boleh dimasuki orang sembarangan.. apalagi manusia gembel sepertiku, hahaha. Tapi aku bertekad pengen masuk, TITIK. Akhirnya.. aku nanya ke sebuah rumah, sama ibu-ibu yang lagi dandan, apakah bangunan itu boleh dimasuki? (boleh, jawabnya). Apa tidak membayar? (ternyata tidak). Sumringah aku^^
Aku langsung berjalan menuju pintu, ku buka pintu kacanya.. dan sebuah bel menyala di atasku, rasanya kayak di supermarket ketahuan nyolong, haha. Aku coba tenang.. aku foto patung aneh orang melamun di depan mataku itu..
Aku lihat foto-foto yang terpajang bagus di dinding yang umurnya entah berapa tahun. Aku masuk kedalam lagi.. disana ada dinding yang jelasin tentang gedung ini (tapi gak sempat aku baca). Mes 56...
cahayanya kurang, fotonya gak jelas.. (baca: kamera HP jelek, haha)
Trus, ada motor balap jaman doeloe gitu..
Dan di ruang berkaca ada Mbak dan Mas yang lagi di depan komputer (mungkin mereka yang ngrawat dan yang jaga). Ada merchandise kayak buku-buku dan kaos yang dijual gitu (meski terbatas), bercerita tentang gedung ini...
merchandise buku: faraway so close mes 56
Patung-patung yang keren lagi..
Aku langsung menuju ruang sebelah.. disana artikel tua dari koran-koran terpasang, bercerita tentang Semarang tempo doeloe, tentang gedung-gedungnya, bangunan ini.
Di tengahnya ada kayak bangunan transparan berbentuk tabung besar, tengahnya disinari lampu, dan dikelilingi sama banyak foto/gambar yang bentuknya lingkaran. Disana, aku sendirian.. aku kayak ada di dunia lain ada kalimat misterius menyambutku.. Ntah apa maksudnya??
you imagine us in the far distance... yet we are so near
Di samping ada sebuah tingkat, niatku ntar pengen ke atas, pasti ada banyak hal yang ku temui di sana yang bisa ku eksplor. Aku masih mengamati ruang ini.. Trus aku lihat ada uang seribuan yang dibuat buku besar dan tebal. Mungkin panjangnya satu meter-an. Aku nggak nyangka dari uang seribu bisa dibuat seni sekeren ini. Jadi konsepnya si senimannya ini ngumpulin uang seribu yang lusuh, kumel, banyak coretan, banyak gambar bahkan uang tambalan diperbesar jadi buku gini. Padahal kalau di dunia nyata uang kayak gitu ogah orang mau nerima.. wahhh saluttt
ada yang nemuin orang kek gini?
Tiba-tiba ruangan yang tadinya remang-remang gara-gara cuma ada satu lampu di tengah tiba-tiba terang dan terdengar suara angin bersahutan, udara jadi dingin dan tiba-tiba lampu-lampu menyala, aku udah ngrasa gak enak.. jangan-jangan arwah-arwah penghuni gedung ini bangun gara-gara kedatanganku, tapi aku tetap tenang. Aku dengar suara kaki masuk ke ruangan, jangan-jangan.. ku tengokkan wajah ke kiri, ke arah pintu, dannn... jeng-jeng-jeng!! (soundtrack horor)
"Mbak.. udah mau tutup" haha, gak usah serius, gak ada hantunya kok.
Begitulah ucapan cowok berkaos hitam, aku langsung lesu dan nanya
"Buka dan tutupnya jam berapa??" mas yang masih muda itu menjawab
"Buka jam setengah sembilan, tutup jam setengah lima sore"
"Ohh" gimana lagi?? :( aku keluar deh :( pintu utama udah terlanjur ditutup, aku teriak "mas, mas, mas! (aku masih di dalam)" -___- untunglah masih bisa lewat pintu samping. Aku bersyukur.. kalau misalnya aku di lantai atas dan masnya gak tahu, aku bisa kejebak di tempat ini.. sendirian!! #horor #gak bisa melambaikan tangan di depan kamera (loh??)
Sayangnya, aku belum lihat semuanya!! belum eksplor semuanya!! Dan besok aku sudah pulang!!
Peek House, sampai ketemu lagi ya, aku akan main dan eksplor kamu lagi suatu waktu nanti :)
Thanks udah nyapa aku, thank udah narik aku ke rumahmu :)

Semarang, 19 Juni 2013

No comments:

Post a Comment