Sabtu, 15 Juli 2023

Money and Finance - Jim Kincaid

Diskusi Grup Simulakra hari ini bahas tulisan dosen kebijakan sosial di Universitas Bradford, Inggris, bernama Jim Kincaid yang berjudul "Money and Finance". Berada di Bab 1 subbab 6 dalam buku The SAGE Handbook of Marxism.

Membaca judulnya, sebenarnya agak rendundant, kenapa gak "Money" aja gitu? Meski setelah membaca lebih lanjut "finance" di sini lebih nunjukkin turunan-turunan dari nilai uang dalam sisten bank, kredit, saham, dll.

Sifa yang bertindak sebagai moderator memaparkan pembacaannya atas tulisan Kincaid. Dia menjelaskan, ketika produksi komoditas menjadi bagian keseharian, uang menjadi "sarana nilai" untuk memonopoli nilai lain, atau membeli apapun. Dia setidaknya membagi ke dalam tiga poin penting dalam tulisan Kincaid: 1. Bank dan kredit; 2. Fictitious Capital (Kapital Fiktif); 3. Financialization (finansialisasi).

Pembicaraan terkait uang dan keuangan oleh Marx dimulai jauh saat sebelum dia menulis Capital I, mungkin sekitar tahun 1849. Dalam perkembangan kapitalisme, peran uang ini menjadi sentral karena menjadi ukuran nilai. Yang menurut Suzanne de Brunhoff, "fungsi uang fundamental dalam bertukaran nilai karena berhubungan dengan kerja-kerja buruh yang abstrak."

Tapi pembacaan Marx akan uang ini dinilai usang, karena dia menggunakan emas sebagai contohnya. Emas ini mahal karena prosesnya hingga menjadi emas. Padahal ini gak berlaku pada emas aja, tapi juga kertas yang dikeluarkan oleh negara seperti cek hingga kartu kredit yang disediakan oleh bank.

Fungsi uang ini dalam ekonomi kapitalis dalam partikel ini ada lima:
1. Uang sebagai ukuran nilai, dan bisa menurunkan nilai lain
2. Uang sebagai alat tukar: untuk menjual dan membeli komoditas
3. Uang sebagai penyimpan nilai: uang sebagai cadangan kas
4. Uang sebagai alat pembayaran
5. Uang dunia: internasionalisasi uang sebagai nilai untuk berinvestasi, pembayaran, dll

Sistem keuangan mengizinkan industri kapital untuk menambah laba mereka dengan mengakselerasi sejumlah uang yang diambil oleh pebisnis dalam periode tertentu. Sistem bank memungkinkan pengembangan fungsi krusial dalam akselerasi ini. Kenapa bank? Bank sebagai institusi dalam sistem kapitalis, karena bank dapat memperbesar dirinya sendiri dibanding sumber daya/batas nilai yang mereka punya.

"Capitalism abhors idle capital as much as idle employees, and by centralising the cash reserves of firms, the banking system can reduce to a minimum the proportion of total reserves which individual companies need to keep available in liquid form to meet their working requirements." 

Hal lain yang disoroti adalah kredit. Marx memberikan catatan bahwa kredit/pinjaman/utang menjadi elemen penting di dalam sirkuit kapital produktif. Kredit merupakan sirkuit kapital yang menjadi modal ketika diputarkan ke dalam nilai yang lebih besar lagi nilainya.

Penggelembungan value bisa dilihat pula dengan adanya sistem fiktif. Sistem ini ditandai dengan penciptaan tanggung jawab yang telah ditetapkan di awal menjadi bisa diganti atau diubah di kemudian hari. Saham dan trading menjadi bentuk fictious capital tingkat lanjut. Saham bekerja secara spekulatif, meski secara forecasting bisa dikalkulasi.

"Fictitious capital is created as companies raise capital by issuing shares or by giving bonds in exchange for money borrowed."

Kita juga bicara terkait finansialisasi, yang diartikan sebagai cara untuk mempertahankan sebuah rantai rasio antara utang dan piutang. Rasio ini mesti diseimbangkan untuk mencegah terjadinya krisis.

Diskusi ini menyimpulkan, instrumen uang dan keuangan mampu memberikan efek akselerasi yang spekulatif, karena berbasis trust, proyeksi yang belum terjadi, yang menggerakkan ekonomi.

Materi terkait uang ini secara personal mengingatkan saya dengan skripsi yang saya tulis sekitar 6 tahun yang lalu. Sudah banyak lupanya, tapi saya ingat, bank melalui sisten Fractional Reserve Banking (FRB) telah menciptakan imajinasi "uang seolah ada" tapi "tak ada". Tulisan "Saya Menginginkan Seluruh Dunia-Plus 5%" (https://laolao-papua.com/2020/11/28/saya-menginginkan-seluruh-dunia-plus-5/) terkait kisah Fabian ini bisa menjadi renungan menarik.

Bacaan tambahan:

https://www.versobooks.com/en-gb/products/320-fictitious-capital

https://www.tandfonline.com/doi/full/10.1080/13563467.2022.2130221?scroll=top&needAccess=true&role=tab

#jimkincaid #money #finance #uang #nilai #value #bank #credit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar