Monday, May 18, 2015

Tuhan Berkarya

1/
Kata Hawking:
"Work gives you meaning and purpose, and life is empty without it"
Pagi ini saya diajari satu hal penting. Sama seperti filsafat manusia Marx, bahwa inti dari manusia adalah kerja. Dari sana ia bisa hidup, menemukan arti hiudp, dan tujuan. Bekerja, berkarya. Disadarkan juga bahwa salah satu konsep terpenting dari Tuhan adalah Tuhan Berkarya. Bersufi adalah bagaimana kita berkarya.

2/
Jangan terlalu percaya pada image. Ada dongeng yang menarik, begini: Ada sesosok mayat yang ditendang orang-orang di jalanan. Warga tak mau mengurusnya.Seorang Sultan besar yang menyamar layaknya orang biasa bertanya pada warga kenapa mayat itu tak diurus. Lalu mereka menjawab karena dulunya pas hidup orang itu sering mengunjungi tempat pelacuran dan pergi ke tempat mabuk.Si Sultan lalu menyolatkan mayat itu, warga tidak tahu bahwa sebenarnya mayat tersebut ketika ada di tempat pelacuran ia memberi uang ke pelacur agar si pelacur sadar dan bisa mengubah pekerjaannya. Ia datang ke tempat mabuk-mabukan untuk menyadarkan para pemabuk. Orang itu berbuat baik tapi warga menilainya negatif. Kita sering berpikir seperti kebanyakan orang-orang itu. Berpikirlah layaknya Sultan. Memahami mungkin itu kuncinya.

3/
Juga tentang pengetahuan. Kata Hawking lagi: the greatest enemy of knowledge is not ignorance, it is the illusion of knowledge. (Hati-hati dengan ilusi pengetahuan)

No comments:

Post a Comment