Kamis, 04 Januari 2024

Buku Rilis 2023 - Negeri, Kota, dan Cerita

Buku "Negeri, Kota, dan Cerita" merupakan kumpulan rilis dan dokumentasi dari berita-berita yang saya buat sepanjang tahun 2023 di tempat kerja saya sekarang, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Saya mencatat ada 291 rilis berkenaan dengan kegiatan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian, Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Suhajar Diantoro, komponen direktorat di Kemendagri, serta Masyarakat Ilmu Pemerintahan Indonesia (MIPI).

Buku ini sebagai catatan dan dokumentasi terkait hal-hal yang telah saya tuliskan. Sejak pertama saya bekerja sebagai Tenaga Lepas Bidang Jurnalistik di Humas, Puspen Kemendagri pada Senin, 30 Agustus 2021, telah banyak yang saya alami dan membentuk diri saya sekarang. Saya tak pernah membayangkan jika saya akan bekerja di Kemendagri, meskipun Bapak saya telah berusaha mendaftarkan saya sebanyak tiga kali untuk mengikuti tes masuk Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN). Usaha saya juga tak pernah putus pada masa itu untuk menyenangkan Bapak dan beliau berharap saya diterima di IPDN, meski tiga kali itu usaha saya gagal total.

Masa-masa kuliah juga telah banyak membentuk saya, banyak wacana dan teori yang membuat saya untuk berontak pada struktur dan sistem. Pertentangan semacam ini saya alami ketika awal bekerja di pemerintahan dengan berbagai kepentingannya. Ketika saya sadar, saya telah masuk ke dalam sistem, ternyata banyak hal yang saya pelajari, yang tentu kondisi ini tak bisa dipahami oleh pihak-pihak yang kontra-sistem. Namun di mana pun tempatnya, integritas, niat baik, dan kelakuan baik akan selalu diperlukan. Menjadi "pelayan rakyat yang baik" di sektor publik ternyata menjadi salah satu pekerjaan mulia yang pernah ada.

Atas semua hal baik yang saya terima, saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada: Mujaeni yang telah memberi saya jalan dan pintu sehingga saya bisa bekerja di Jakarta, khususnya di Kemendagri. Kemudian, Farid Fakih, rekan sesama rilis, seorang pekerja yang kata pimpinan sulit dicari celahnya. Lalu, Pak Syahdino Pratama, editor rilis yang telah mengajari saya menulis dan menulis lagi. Tak lupa, Pak Aang Witarsa Rofik, Kabid Humas yang telah banyak membantu saya. Juga kawan-kawan rilis yang telah bekerja sama: Mbak Nina, Mbak Tika, Mbak Anggun, dan Cyce sang Jenderal Transkrip. Tabik.

Jakarta, 4 Januari 2024

LINK: https://drive.google.com/file/d/1sj_Lr0ageTF0NtEagaZ4t5UdkU4jWNNc/view

Tidak ada komentar:

Posting Komentar