Wednesday, January 13, 2016

Pembukaan (Percobaan Nulis) Jenis-jenis Berita ARENA 2015



Senin, 21 Desember 2015 lalu, saya udah janji sama anak-anak magang Arena 2015 usai ngisi diskusi "Jenis-jenis Berita" untuk nampilin tulisan mereka terbaik di blog. Dari delapan peserta yang hadir berikut tulisan yang saya pilih:

#Pembukaan Straight News 


Faqih
Hari ini, Senin 21 Desember, para peserta magang Arena sedang melakukan diskusi mengenai jenis berita. Peserta-peserta yang hadir hanya delapan orang. Peserta sedang berkonsentrasi membuat contoh dari jenis-jenis berita.
(Saya suka dengan ide-ide Faqih  yang mengambil hal-hal dekat.)


Yanti
Yogyakarta, 20 Desember 2014, terjadi kecelakaan pesawat di Bandara. Yang menewaskan satu orang pilot dan co-pilot dalam acara pameran penerbangan pesawat. Peristiwa itu terjadi akibat pesawat terlalu cepat malandai.
(meski masih sangat biasa, unsur 5W1H-nya hampir lengkap)

#Pembukaan Feature: 

M. Wildan Sidqi P.
Selagi para musisi bergerak naik panggung, hampir 50 ribu penonton memadati venue The Big Four Concert, di Wembley Stadium, London. Sorak sorai para ‘metalhead’ menggema, seolah memamerkan pada dunia bahwa ini event terbesar yang pernah ada di bumi. Lautan hitam tak terelakan terjadi.
Sementara itu pemusisi cadas masih melakukan stretching dari balik layar. Bersiap untuk mengguncang bumi berturut-turut selama tiga hari. Gemuruh semakin menjadi-jadi Ketika lagu “The Factory of Gold” milik Metallica menggema.
(Sense-nya dapat, good)

#Pembukaan Indepth: 
Niam:
Keputusan PERDA Bantul yang menyaratkan bahwa dalam menghadapi MEA seniman harus bersertifikat mendapat banyak tantangan dari banyak komunitas seni. Berikut adalah perbincangan wartawan X dengan Andono, Dosen Seni Rupa, ISI Yogyakarta.

Ajid:
Kenaikan BBM ternyata berdampak banyak bagi kalangan yang notabenenya menengah ke bawah. Hal tersebut berdampak pada PKL yang menaikkan harga-harganya dikerenakan bahan-bahan juga ikut naik.

(Dua pembukaan tulisan ini bisa digali lebih dalam unsur  how dan why-nya)

#Pembukaan Investigasi:  
Niam:
Penolakan warga Kendeng atas berdirinya pabrik semen di tanah mereka sampai saat ini belum juga mendapat respon dari pemerintah daerah. Selanjutnya penolakan warga yang dibantu sejumlah aktivis dari beberapa daerah akan memasuki PTN Semarang besok, Sabtu 21 April 2015.

Zain:
Pembunuhan yang terjadi di Jalan Magelang masih menyimpan banyak misteri. Pasalnya mayat yang dibungkus plastik hampir tak wujud karena hampir…

(Hal urgent dalam berita investigasi adalah sifatnya penting tapi disembunyi-sembunyikan, dan wartawan bisa berperan sebagai detektif. Dua pembuka ini lumayan memenuhi)

No comments:

Post a Comment