Friday, June 26, 2015

Yuk Datang: Peluncuran Situs Anarkis.org dan Diskusi

Bodi Copyright
Kadang saya bingung, hobi banget membuat diri sibuk. Tapi memang asyik. Kayak yang satu ini:

Berawal dari status Mas Yab Sarpote yang nawari kepanitian peluncuran situs anarkis.org, saya cek langsung itu situsnya. Setelah lihat sekilas, saya tertarik, isinya wacana semua. Jadi pengen tahu dan penasaran. Sebelumnya saya termasuk orang kebanyakan yang menganggap kalau anarkis itu ngrusak dan identik dengan kekerasan. Padahal kagak gitu.

Anak-anak filsafat lebih paham soal ini. Kamis (25/6) ngobrol sama Mas Broto tentang 'anarkisme', dia cerita banyak. Anarkisme itu singkatnya a=tidak; narki=aturan, peniadaan aturan~kebebasan~merdeka etc. Pada titik yang paling ekstrim anarkisme meniadakan negara/pemerintahan. (Terlihat utopis, Mas Broto malah menyebutnya sebagai sosialisme purba).

Anarkisme membentuk masyarakat yang setara, berat sama dipikul, ringan sama dijinjing. Kalau di Indonesia, tradisi sistem seperti ini itu ada di masyarakat samin dan masyarakat badui. Kalau yang lebih dekat seperti praktik koperasi, sampai yang ke kehidupan orang-orang punk.

Nah, kepanitian dibentuk kan. Kumpul pertama di angkringan Le Waroenk di Jl. Cik Ditiro ngajak Anis, Agus, Kurnia. Ketemu Mas Yab dan Mas Yerry trus datang pula Christian (Balairung), Rijen (UGM), Tasya (UGM), Anggar (UGM), Mas Ferdhi, Mas Oben (Amikom), Mbak Andien, Tuti (Perempuan Mahardika), Feri, Akbar, siapa lagi ya? Iya, Mas Bodi (Izyudin Abdussalam), dia jago banget buat gambar, desain, bepuisi juga, haha. Saya kenal Mas Bodi dari karya-karya dia, eh di sini ketemu.
cangkruk ben waras
Di situ kita pada kenalan, sedikit bicara motivasi ikut, dan bahas hal yang sifatnya teknis. Dan tercapailah kesepakatan acara Peluncuran Situs Anarkis.org pada:
hari/tangggal: Jumat, 26 Juni 2015
waktu:  15.00 - buka puasa
tempat: student senter, UIN Suka, Yogyakarta
acara: musik, perkenalan organ, presentasi, diskusi, tanya jawab, puisi, buka puasa.
Kata Mas Yerry, situs ini sebagai produksi dan reproduksi wacana yang benar akan anarkisme. Mari berpikiran terbuka, mari kita diskusi teman-teman!

No comments:

Post a Comment