Senin, 18 Desember 2023

18 Desember 2023

I

Ku masih ingat di suatu perpus kala itu pas baca tulisan Pak Ignas Kleden dan kengototanku yang keras kepala. Tak banyak pemikir Indonesia sepertinya yang berani berpikir dengan argumennya sendiri. Tak afdol kalau gak pakai meminjam kata ... Ya macam kata Lady Marguerite Blessington ini, "Borrowed thoughts, like borrowed money, only show the poverty of the borrower." Wkwk (masih ada unsur meminjam, miskin!)

II

Saat kamu meyakinkan dirimu sendiri,  kamu baik-baik saja,  kamu sehat,  kamu cerdas, kamu sabar, kamu ikhlas. Di saat yang sama realitas bawah sadarmu bilang jika kamu bukanlah itu. Seseorang yang yakin tak perlu membuktikan jika dirinya yakin.

III

Aku pagi ini belajar: tak ada satu hal pun yang tak bisa kamu pelajari dengan mudah. Asal ada referensi dan kamu tekun dan jelas, mantap. Akselerasi akan tiba.

IV

Ya, aku paham aku terlalu rumit dan kompleks. Karena kerumitanku ini aku banyak dijauhi. Aku bisa memikirkan hal terlalu di luar jangkauan. Tapi tak apa, aku bangga jadi diriku sendiri.

V

 "Sampai di titik ini aku berpikir, menghidupkan orang di sekitarmu lebih penting ketimbang apapun."

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar