Tuesday, October 22, 2013

Review Buku: "The Greatest IT Entrepreneurs"


Judul Buku: The Gretest IT Entrepreneurs
Penulis: Johan Hasan dan Trianggono Wiradinata
Penerbit: Bayumedia Publishing
Kota Terbit: Malang Jawa Timur
Cetakan: Pertama
Tahun: 2006
Tebal: xii + 108

Buku ini mengungkap tentang kisah sukses sepuluh entrepreneurs Teknologi Informasi (TI). Dari ulasan, riwayat hidup, dan perjuangan. Sepuluh tokoh itu adalah…

1.David Fillo dan Jerry Yang (Pencetus Yahoo! Inc)

Mereka menekankan, untuk membuat perusahaan Anda harus memiliki IDE BESAR. Bermula dari keisengan mereka berdua membuat directory dan mesin pencari tahun 1994 yang ditujukan untuk memudahkan teman-teman kuliah mereka di Standford mendapatkan lokasi website yng menarik. Mereka mengorganisasikan website-website yang ada di internet mejadi berguna. Menurut Jerry Yang, “Yang pertama, temukan ide besar itu terlebih dahulu”

2. Jeff Bezos (Pencetus Amazon. Inc)

Ini dia pemilik toko buku besar dalam sejarah. Pada tahun 1995 Amazon.com diluncurkan, dua bulan kemudian transaksi mencapai $ 20.000/minggu. Ia pun pernah jatuh, dan ia banting setir menjadikan Amazon.com sebagai perusahaan terbuka. Tak hanya buku, Jeff juga menambahkan musil, video, film, produk rumah tangga, obat, dll. Ia adalah toko serba ada online. Tak hanya itu, produk-produknya saling berkaitan yang memungkinkan terjadinya elaborasi yang canggih. Kunci sukses yang ditekankan Jeff adalah keras kepala dan fleksibel, dan seberapa pintar kita menjadi salah satu diantaranya.

3. Bill Gates (Pencetus Microsoft)

Manusia super jenius ini memang “WOW” menurutku. Terlepas dari monopolinya terhadap software, visinya telah mengantarkannya ke sebuah prestasi yang mengagumkan. Kata Gates, “Jangan biarkan diri Anda tidak berbuat sesuatu”. Dimulai dari kecintaannya pada software dan programming, dia dan temannya Paul Alen mendirikan peusahaan Microsoft. Person of The Year tahun 2005 versi majalah Time ini juga seorang penulis berhasil. Bukunya “The Road Ahead” dan “Business @ the speed of Thought” masuk daftar buku bestseller. Kunci sukses yang ditekankan adalah VISI yaitu setiap orang memiliki sebuah computer di setiap rumah.

4. Larry Ellison (Pendiri Oracle Corp.)

Ia adalah sosok penantang jumbo, yang tidak keder menantang Microsoft. Oracle adalah software terbesar kedua di dunia. Jurus mautnya: 1) Memiliki cita-cita yang besar dan berani menciptakan tantangan yang mustahil. 2) Orang yang selalu belajar, meski pernah DO. 3) Pengambil risiko yang berani. 4) Percaya diri dan tampil beda. Sosok yang kontroversial. Kata dia, “ Saya mengagumi orang yang berani mengabil risiko. Saya menyukai pemimpin, seseorang yang melakukan sesuatu sebelum mereka menjadi popular. Saya menemukan jenis inspirasi integritas semacam ini”

5. Sergey Brin dan Larry Page (Peniri Google)

Kalau Alloh memberiku kesempatan pergi ke Amerika, mungkin daftar orang yang pengen aku temui adalah mereka :D Mereka adalah dua sahabat. Brin sebagai pemandu sukarela di Stanford (dosen gitu) dan Larry adalah mahasiswa yang masuk dalam grup Brin dari Michigan University. Larry tertarik dengan struktur  hubungan link dan bagaimana menemukan link yang lebih bernilai. Dengan bantuan Brin, dihitunglah kualitas suatu web yang disebut PageRank Algorithm. Dengan dorongan dari David Filo juga (pendiri Yahoo!) tercetuslah Google. Inc dengan modal $ 100.000. Kunci sukses yang ditekankan adalah Emotional Inteligence, kemampuan bekerja sama dengan pemain besar. Hmmh, I will use Google before asking dumb questions, haha.

6. Steve Jobs (Pendiri Apple. Inc)

Ini orang luar biasa sekali perjuangannya. Dia pernah susah payah mendirikan perusahaan, membesarkannya, tapi kemudian dia dipecat. Pernah bangkrut dan tidak sukses. Di mulai dari garasi rumah tahun 1976 Jobs dan Wozniak mendirikan Apple Computer Co. hingga sepuluh tahun kemudian Apple berkembang luar biasa dengan nilai $ 2miliar dan lebih dari 4.000 pekerja. Saat Jobs dipecat, ia tetap bertahan, karena ia sangat MENCINTAI pekerjaannya. Ia mendirikan perusahaan baru bernama NeXT computer dan mendirikan Pixar (studio film animasi yang sukses besar). Kisah aneh terjadi. Apple membeli NeXT dan Jobs kembali menjadi CEO sementara Aplle (yang hampir bangkrut, dengan gaji tahunan $ 1 ia dijuluki “The Lowest Paid CEO”). Dari NeXT terciptalah iMac, iPad, iPod, iTunes, dll. Dari sinilah Apple kembali bangkit. Kunci sukses yang ditekankan Jobs adlah “TEMUKAN YANG ANDA CINTAI” agar dapat bertahan dan menghasilak karya besar meski Anda sedang terpuruk. Ambil selembar kertas, tulis yang Anda cintai :D

7. Michael Dell (Pendiri Dell.Inc)

Saat berumur 19 tahun, dimulai dari kamar asrama kampusnya, ia mendirikan kerajaan Dell.Inc dengan modal < $ 1000 dan berkembang menjadi produsen PC paling menguntungkan, memperkerjakan >40.000 orang di >170 negara. Produk yang dijual tidak hanya PC, tapi juga system penyimpanan komputer saku, MP3 player, telivisi dalam komputer. Ia memberikan harga terbaik dengan meniadakan perantara dan meniadakan mark-up harga dengan menjual langsung ke konsumen. Ia juga berinovasi memberikan peluang kepada konsumen untuk perakitan komputer sesuai yang diinginkan atau dibutuhkan konsumen. Kunci sukses yang diekankan adalah kemampuan analisis terhadap kebutuhan pasar dan membangun sistem.

8. Sabeer Bhatia (Pencetus Hotmail)

Pria India ini memang unik. Dengan uang saku $ 250 tahun 1988 ia datang ke Amerika, meraih beasiswa dari California Institute of Technology di Pasadena. Di Standford dia mengikuti kelas-kelas orang TI terkenal seperti Steve Jobs, Scott MCNealy, Vinod Khosia, dll. Bhatia menyadari bahwa mereka adalah manusia biasa. “Dan jika mereka dapat melakukan demikian, saya pun dapat melakukannya (Hal. 82). Ia juga bekerja sebagai hardware engineer di Apple, sampai akhirnya ia punya ide membuat Javasoft (web untuk membuat database pribadi). Dari rekomendasi temannya Jack Smith, Bhatia menambahkan e-mail ke Javasoft yang nantinya email ini berkembang besar dengan brand Hotmail. Bhatia mencari investor, dan akhirnya dibeli Microsoft dengan harga $ 400 juta. Dan sekarang pengguna Hotmail mencapai >250.000 dan perusahaannya bernilai $ 6 miliar. Kunci sukses yang ditekankan adalah negosiasi dan prediksi nilai masa mendatang dari sutu bisnis. Kata Bhatia: “Di India, Anda harus menegosiasikan segala hal. Bahkan untuk membeli sayuran, Anda harus dapat melakukan negosiasi”.

9. Linus Trovalds (Pencetus Linux)

Pria yang menarik dengan kemurahan hatinya (menurutku):) Tahun 199 sat Linus berusia 21 tahun ia membeli PC dan dia tidak puas dengan sistem operasinya. Akhirnya diubahlah sistem PC itu menjadi seperti UNIX (system operasi yang dipkai di universitas dia belajar). Hasil jerih payahnya membuahkan versi Linus atas Minix yang disebu Linux dan mendapatkan sambutan yang luas di TI. Linux meroket, revolusi dimulai. Banyak orang yang berpartisipasi pada pengembangan Linux yang dibagikan secara gratis bukan hanya pemakaiannya tetapi juga source code (kode pemrogramannya). Orang asli Finlandia ini menekankan prinsip tolong menolong menjadi dasar bersama untuk berkarya. Dan ilmu itu untuk semua orang, idak boleh ditutup-tutupi atas nama hak cipta. Kunci suksesnya adalah kemurahan hati dan kerja sama. Kata Linus: “Hadirkan lebih banyak mata, maka kesalahan tak akan pernah mendalam”

10. Sim Wong Hoo (Pendiri Perusahaan Creative)

Ia pernah bermimpi di bawah langit berbintang, menghasilakan $ 1 juta. Tanggal 1 Juli 1981 perusahaan creative ia dirikan di Singapura. Dengan meminjam sekitar $ 6000 untuk sebuah visi multimedia akan mengubah secara total interaksi mausia dengan computer personalnya (hal 100). Ia mewujudkan computer yang bermusik, computer yang dapat berbicara dalam bahasa Inggris dan China (CUBIC CT). Namun proyek CUBIC gagal! Lalu ia meluncurkan Creative Music System (C/MS), kartu 12-voice stereo music synthesizer. Kemudian bersama temanya Ng Kai Wai menciptakan sound card. Tahun 1988, Sim membuka kantor “Creative Labs. Inc” di Milpitas, California. Badai tak hanya disitu, tahun 1995 perusahaanya hampir ambruk. Kemudian melakukan pelbagai terobosan teknologi seperti player MP3 NOMAD dan gadget Creative Zen Vision. Kekuatan Sim ada pada keuletannya untuk belajar, bahkan dari kegagalan sekalipun. Katanya: “Saya bangga menjadi berbeda. Ketika semua orang berjalan pada satu arah; saya berjalan pada arah lainnya. Di sana justru kesempatan berada”.

No comments:

Post a Comment