Monday, October 7, 2013

Gebyar KPI 2013: Sheila On 7 Goes To UIN Jogja

Jam 16:45-an, setelah makan, mandi, beres-beres, aku pergi ke kosnya Lisa. Kita berdua udah janjian buat nonton konser Sheila bareng :D Ehh, panjang umur.. ketemu Lisa di jalan sama Dinda yang lagi beli bakso. Trus, kita berjalan menuju TKP. Setelah tukar kuitansi sama tiket, kan waktu mulainya masih lama. Kita berdua ke perpus sampai bakda magrib. Trus, masuk ke tempat konser: gedung multi purpose UIN Sunan Kalijaga. Setelah diperiksa oleh anggota-anggota resimen mahasiswa (menwa) kita dikasi gelang kayak mau masuk ke tempat wisata gitu :D
tiket dan gelang
Kita berdua cari tempat yang paling depan :D Awalnya yang datang baru sedikit. Kita jamuran nunggu sampai >30 menit. Trus.. acara dibuka oleh 3 presenter (cewek dan cowok) yang lumayan gokil, hahaha :D Trus, ada penampilan dari Musik Patrol Jember yang bawain lagu daerah (katanya sih bahasanya bahasa Madura gitu :D) “ole olang.. ole olang..”. Instrumen musik mereka suling dan gendang-gendang yang dimodifikasi gitu. Asyik musiknya, ngingetin aku sama dangdut angklung Malioboro, haha.
Musik Patrol Jember
Trus, ada penampilan dari duo diva: kak Vira (yang nyanyiin lagu bahasa Inggris, tapi aku nggak tahu judulnya apa. Keren banget..) dan kak Winda (anak jurusan PAI yang nyanyiin lagu “Teruskanlah” Agnes Monica) :)
Habis itu games berhadiah kaos :D Pertanyaannya sederhana banget: Tiga lagu Sheilaa on 7 yang buat kamu galau?? :D Kalau aku ditanya itu aku jawab: Tunjukan Padaku, Sebuah Kisah Klasik, Hujan Turun. Dan orang yang beruntung itu adalah Intan, Ummu, Yuni.
Dan, aku sedih banget saat Lisa bilang dia mau pulang ke kos. Soalnya peraturan di kosnya jam 9 malam pintu udah ditutup dan ibu kosnya tegas. Trus aku sama siapa Lis? Cuma kamu anak fisika 2013 yang ku tahu nonton. Kamu juga udah bayar tiket juga :( Kamu juga cerita kan, kakak kamu ngefans banget sama Sheila on7 :(
Next, yang anak muda banget^^ Penampilan dari Rigby Band. Mereka bawain empat lagu, yang paling familiar lagunya om Iwan Fals “Bento”. Tiga lagu lainnya kaayaknya karangan mereka sendiri. Cuplikan liriknya ada yang ini..
…Manusia sempurna…
…Katakan padanya aku baik-baik saja…
…Tuhan jangan lama-lama…
Rigby Band
Band-nya anak muda banget, vokalisnya ideal juga, keren-lah :P
Trus, bagi-bagi kaos lagi ke empat orang cowok, kalau kagak salah denger yang beruntung tadi namanya: Yosi, Robert, Bambang, Rafi.
Next, penaampilan band lagi. Kalau aku lihat dari performanya sepertinya band yang udah matang, bernama “Zonna Band”. Mereka nyanyiin empat lagu yang kesemuanya bernada semangat. Vokalisnya gondrong pakai kaos putih dan berompi hitam.
zonna band
Kita nyanyi-nyanyi juga lagu Sheila yang ini:
Aku pulang.. tanpa dendam.. ku terima.. kekalahanku..
Then, ada penampilan band lagi yang cukup unik :D Namanya “Social Hitam Putih”, filosofinya pasti keren nih :) Juru bicaranya cerita kalau mereka itu dari Jogjakarta. Aliran musik mereka tidak mengkotak-kotakan aliran musik tertentu. Kalau menurutku sendiri aliran musiknya lebih ke arah kayak band Tip-X gitu yaa. Soalya personelnya juga paling banyak sampai 8 orang. Ada terompet dan saxophone-nya juga :D Musiknya pun happy. Aku terhibur banget, terlebih sama vokalis yang pakai baju merah. Widih, aktif dan enerjik banget, sepertinya menikmati banget panggungnya :D Band ini bawain empat lagu juga. Ada lirik yang unik gitu, liriknya gini: “aha… aha… uhu… lanjut…” :D
Social Hitam Putih
Di belakang dan di atas, penonton udah buanyak banget dempet-dempetan, sampai sesekali kesulitan napas. Penonton mulai berteriak:
“SHEILA! SHEILLA!! SHEILA!!!”
penonton
 Nahh, akhirnya.. jeng-jeng-jeng!! Jam sembilan malaman, lampu panggung mati. Sosok-sosok luar biasa itu muncul satu demi satu, yaa Allah… yang ditunggu-tunggu DATANG!! :D Kak Eross dengan gayanya yang simple. Om Duta yang keren badai dengan topi dan kemeja abu-abunya :D Beneran, Om Duta lebih terlihat ganteng banget pas dilihat langsung daripada pas lihat di TV. Kak Adam, dengan jaket dan kaos warna hijau bertulis SO7 :D Trus, kak Brian, dengan topi fedora dan kemeja pink-nya yang macho banget :D Tapi, aku bingung sendiri, anggota inti SO7 berapa yaa? Kok aku ngrasa ada yang kurang :-( Ia sih, ketambahaan satu pemain keybord.
Sheila on 7 membuka konser malam ini dengan lagu berjudul hari bersamanya…. 
Hari telah terganti Tak bisa ku hindari Tibalah saat ini bertemu dengannya
Jantungku berdegup cepat Kaki bergetar hebat Akankah aku ulangi merusak harinya
Mohon Tuhan Untuk kali ini saja Beri aku kekuatan ‘tuk menatap matanya

Mohon Tuhan Untuk kali ini saja Lancarkanlah hariku Hariku bersamanya Hariku bersamanya
Semua pada gembira, seneng, nyanyi-nyanyi bareng :D Jujur, kayak mimpi. Dulu… dulu sekali, aku pernah bermimpi dan nulis di kertas: Aku pengen ketemu sama Sheila on 7. Dan sekarang, Tuhan memeluk mimpiku, mereka udah ada di depan mataku. Lihat kak Duta, kak Eross, kak Adam, kak Brian. Terlebih kak Eross, dekat banget, aku nge-fans sama dia. Dengan semua kesederhanaanya dia, talenta main gitarnya, wajah teduhnya, otak jeniusnya dia ngramu nada dan lirik yang dalam dan puitis, subhanallah. Kak Eross.. yang bareng kak Okta nyanyiin lagu Gie. Om Duta yang suaranya khas banget. Mereka di depanku..
Ya Allah….. so sweeeet banget :’)
 Dan inilah lagu-lagu yang dibawakan Sheila on 7:
  • Hari Bersamanya
  •  Bila Kau Tak Di Sampingku
  • Sahabat Sejati
  • Canggung
  • Seberapa Pantas
  • Mantan Kekasih
  • Saat Aku Lanjut Usia
  • Pria Kesepian
  • Tanyaku
  • Betapa
  • Melompat Lebih Tinggi
  • Dan
  • Kita
Asyik, seruuu, dahsyat, luar biasa!! Benar-benar keren. Sampai pada penutupan lagu terakhir, saat mau pamitan, sedih banget.. Orang di sebelahku bilang dengan ungkapan spontannya: ”Sheila on 7 nginap di kosku aja!” hahaha #modus :D
Om Duta dan kawan-kawan satu per satu meninggalkan panggung. Panggung sepi. Gelap. Trus… SURPRISE. Om Duta dkk, datang nyanyiin satu lagu lagi :D Sambil cerita-cerita…
“UIN itu istimewa. Dua keponakan saya sekolah disini. Saudara Eross juga ada nih. Terima kasih buat UIN. Terima kasih buat Sheila Gank semua yang selalu hadir. Jangan berubah, tetaplah seperti ini. Persembahan lagu terakhir. Lagu apa ya? Mau lagu apa?”
“Oya, lagu yang jarang banget Sheila on 7  bawakan”
Musik berdentang, suara-suara penonton ikut bernyaanyi mendendangkan lagu ini

Coba kau tunjuk satu bintang
Sebagai pedoman langkah kita
Jabat erat hasil karyaku
Hingga terbias warna syahdu
Akan ku ukir
Satu kisah tentang kita
Di mana baik dan buruk
Terangkum oleh indah
Akan kucerna
Semua karya cipta kita
Di mana hitam dan putih
Terbalut hangatnya cinta
Dan bila semua terwujudkan oh...
Di sisimu selalu hariku
Coba kau tunjuk satu bintang
S’bagai pedoman langkah kita
Jabat erat hasil karyaku…
Hingga terbias warna syahdu
Akan ku ukir satu kisah tentang kita
Dimana baik dan buruk terangkum oleh indah
Akan ku cerna semua karya cipta kita
Dimana hitam dan putih terbalut oleh hangatnya cinta
Dan bila semua terwujudkan…
Di sisimu s’lalu hariku

Coba kau tunjuk satu bintang
S’bagai pedoman langkah kita
Jabat erat hasil karyaku…
Hingga terbias warna syahdu
Akan ku ukir satu kisah tentang kita
Dimana baik dan buruk terangkum oleh indah
Akan ku cerna semua karya cipta kita
Dimana hitam dan putih terbalut oleh hangatnya cinta
Dan bila semua terwujudkan…
Di sisimu s’lalu hariku

Coba kau tunjuk satu bintang
S’bagai pedoman langkah kita
Jabat erat hasil karyaku…
Hingga terbias warna syahdu
Akan ku ukir satu kisah tentang kita
Dimana baik dan buruk terangkum oleh indah
Akan ku cerna semua karya cipta kita
Dimana hitam dan putih terbalut oleh hangatnya cinta
Dan bila semua terwujudkan…
Di sisimu s’lalu hariku


http://musiklib.org/Sheila_On_7-Tunjuk_Satu_BinFinally, thanks buat anak KPI (Komunikasi dan Penyiaran Islam)  Fakultas Dakwah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Acara yang cukup besar yang diadain di tingkat fakultas... :)

***

Pas lagu terakhir usai, para personel menunjukkaan talentanya satu per satu. kak Eross yang dermawan nglempar segitiga kecil yang buat metik gitar gitu ke penonton. Dan kak Brian nglempar stick drum-nya ke penonton. Wihhh, beruntung banget yang dapat.

Acara usai. Aku udah standby di samping panggung membawa satu misi. Penonton membubarkan diri. Di depanku, ada jalan meuju ke panggung, tapi dijaga sama security gitu. Di tanganku udah siap buku dan pulpen. Beberapa menit nunggu, security pergi, ada menwa yang lewat, nunggu lagi. Setelah ada kesempatan, aku buka pagarnya, aku masuk, berlari melewati panggung, ke belakang nyari personel-personel SHEILA ON 7!! Dan dengan modal kenekataan, tak ku jumpai mereka kecuali menwa-menwa, crew, dan petugas-petugas / panitia-panitia. Aku dilihatin, nyadar kok, aku penyusup, hahaha. Aku keluar. Sendiri mendekap buku dan pulpen. Aku duduk berharap keajaiban terjadi. Trus, datanglah serombongan anak-anak yang mau foto. Aku ciut saat gerbang menuju Sheila-nya ditutup menwa. Untunglah cuma separo. Trus, datanglah mbak-mbak berkaos hitam, berkacamata, cantik. Entah manajer SO 7, entah keluarganya, ngomong… yang mau foto berapa? Karena banyak, dibatasi beberapa orang, termasuk aku yang udah merengek-rengek.  Eh, dihadang sama menwa saat masuk. “Mau apa?” katanya. Mbak cantik itu bilang: “Ini keponakan-keponakan saya”. Trus kami masuk. Diajak ke ruang istirahat personel-personel Sheila on 7. Pintu dibuka, aku orang asing pertama yang masuk. Ya Allah…… tiba-tiba blank rasanya.Tepat di depanku ada om Duta, aku berjalan menghampirinya. Aku sapa: “Kak Duta”, dijawab dengan senyum “iyaa”, trus aku salaman. Aku bilang: “Kak, minta tanda tangan” Katanya.. “oh iya”. Sret, sret, sret, setelah selesai, aku salah tingkah. Soalnya nih ruangan dipenuhi keluarga, mungkin juga istri anak personel Sheila on 7. Dan, ini dia, KAK EROSS!! Aku berjalan ke arahnya. Dia lihat aku. Aku sapa: “Kak Eross”, dia tersenyum, trus sungkeman lagi tapi sama kak Eross :D Trus, aku minta tanda tangan kak Eross. Aku sempat bingung dengan tanda tangan kak Eross, dia kayak nggambar-nggambar gitu, sambil nglihat aku/nrawang sesuatu. Bingung juga aku sama kak Eross, haha. setelah selesai, aku menuju ke kak Adam yang kalem. Pertama salaman, trus minta tanda tangan. Setuju aku, dia sama Ridho Rhoma itu sebelas dua belas :D Trus ke kak Brian dan minta tanda tangannya :) #lengkap!! :D

sheila on 7
Nah, ada sesi foto-foto juga dari rombongan orang –orang yang masuk bareng aku ini. Aku niatnya emang cuma mau minta tanda-tangan aja soalnya kualitas kamera HP ku jelek, low bat pula. Nah, mumpung ada kesempatan foto bareng, aku ikutan nimbrung :D (Dok: Mbak Mega, thanks yaa mbak fotonya)
foto bareng Sheila on 7
Pertemuan ini memperlihatkan aku satu hal. Oh, gini yaa orang hebat di panggung saat di balik layar. Kumpul sama keluarga, ngobrol bareng, atau sekedar bermain-main sama anak. Mereka sama seperti manusia lainnya, cuma kualitasnya aja yang berbeda :D

Aku keluar dari ruangan memorble itu. Rasanya….seneng....

Nggak bisa dibeli sama apa pun deh. Thanks Allah, thanks Allah, thanks Allah. Alhamdulillah.

Satu pertanyaanku: “Kak Eross, itu yang kakak gambar siapa?”. Dan aku berharap kakak akan bilang: “Itu kamu Isma” #Eaaa ;)
otak jenius tuh kayak gini ya.. :D

Yogyakarta, 3 Oktober 2013

4 comments:

  1. thanks yaa
    keren tulisannya
    ntar aku sampein ke anak2 panitia @gebyar_kpi 2013
    oia, kalo pengen ketemu so7 lagi, saya bisa bantu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih :)
      pas konser KPI itu aku juga udah ketemu SO7 kok :D
      thanks banget kalo mau dipertemukan lagi..^^
      sukses buat KPI

      Delete
    2. hai isma...
      apa kabar ?? kita ada rencana futsal bareng so7 akhir bulan ini
      kalo berminat kamu bisa kontak di pesen FB saya yaa
      andi pranata.

      Delete
    3. Baik, alhamdulillah :)

      Futsal? Dimana? Dalam rangka acara apa? :D

      Delete