Monday, April 1, 2013

Tips Belajar

Sambil dengerin lagunya Gigi - Sang Pemimpi, nih, aku mau nulis tentang hal-hal yang aku pikirkan tentang tips belajar. Bukan maksud menggurui atau sok-sokan gimana. Semoga bermanfaat yaa. Ini cuma curhat pengalaman doang, mungkin dipraktikan atau diabaikan.. Aku emang nggak pintar tapi aku suka berbagi.

1. Belajar Karena Allah
Ini adalah tips belajar pertama yang sangat keren. Simple tapi pure dan inti banget.
Hayo, kalian belajarnya buat siapa? niatnya apa?

2. Kualitas belajar
Mencangkup fokus, konsentrasi, dan konsistensi. 1 jam belajar dengan fokus dan konsentrasi itu lebih baik daripada 5 jam belajar dengan pikiran bercabang-cabang, kayak mikir: status gue ada yang nge-like nggak yaa? Twitter gue ada yang mention nggak yaa? Ini yang gue pelajari ntar keluar nggak yaa? bla. bla, bla.. yang bikin galau gitulah :P Yaa, galau itu wajar asal bisa mengontrolnya dan cerdas mengatasinya.
Dan yang tak kalah penting tentang konsistensi.. Kalau kata saudara aku nih ya: belajar itu tiap hari, nggak cuman pas ulangan doang.. haha, lagu lama kaset bajakan.
Dan ada hal lagi nih yang nggak kalah penting dalam meraih ilmu, yaitu: MERUNTUHKAN EGO.
Berfikirlah kamu tidak tahu segalanya, runtuhkan ego yang ingin ini, ingin itu, tidak mau begini, tidak mau begitu, aku ini lebih ini, lebih itu. Runtuhkan ego untuk mempermudah jalan makrifat ilmu. Melalui peruntuhan ego, ilmu yang misalnya harusnya dipelajari setahun bisa dikuasai sebulan.
Ingat, kesombongan menandakan kelemahan akal.

3. Sabar
Mau nyanyi dulu ah..
"Sabar ya kawan, ini tentang edukasi yang tak terdapat dari sekolah atau pun skripsi" (Waktu-Bondan F2B)
Atau untuk penyegaran, baca cerita Ibnu Sina ini:
"Aku pulang ke rumah pada malam hari lalu mendekatkan lampu ke hadapanku dan sibuk membaca dan menulis. Apabila terasa sangat ngantuk/lelah aku minum segelas air agar terasa segar lalu aku kembali melanjutkan bacaanku"
Untuk menghindari kebosanan ada empat hal yang salah satunya bisa kita lakukan:
  • Bertahan lebih lama
  • Berfikir seperti wartawan/ilmuwan
  • Meditasi (tenang, yang simple aja.. kayak menikmati tarikan dan hembusan nafas)
  • Sweet escape (berhenti sebentar dan melakukan hal yang kita suka)
Dan.. satu tips lagi nih dari teman aku si pecinta alam yang naik turun gunung. Ini kayaknya didapatkan dari perjuangan yang panjang, soalnya dia anaknya kocak tiba-tiba ngomong super gini.
"Ketika kita mulai malas, jenuh, tidak suka.. kembali lagi ke tujuan kita yang dulu"
Salah satu asas bagi pendidkan dan perbaikan itu ini guys, hadis yang diriwayatkan oleh Al Khatib dari Abu Hurairah..
Sesungguhnya meraih ilmu dengan belajar dan bersifat sabar dengan selalu memaksa diri berlaku sabar, dan barang siapa  memilih-milih kebaikan dia akan memperolehnya dan barang siapa menjauhi keburukan dia akan terlindungi (terhindari) dari kejahatan.
 Ini aku tambahkan doa kesabaran menuntut ilmu..
"Rabbanaa afrigh 'alainaa shabran wa tawafanaa muslimin"
Ya Tuhan kami, limpahkanlah kesabaran pada kami dan wafatkanlah kami dalam keadaan berserah diri (muslim) kepadaMu. Aamiin.

4. Berdoa
Berdoa itu sangat penting guys, tapi sering dilupakan. Ini aku tulis doa sebelum dan sesudah belajar..
DOA SEBELUM BELAJAR
"Allahumma akhrijnaa min dhulumaatil wahmi, wa akrimnaa binuuril fahmi, waftah 'alainaa bima'rifatil ilmi, wasahhil lanaa abwaaba fadhlika yaa arhamar rahimiin"
Ya Allah, keluarkan kami dari gelapnya keragu-raguan dan muliakanlah kami dengan cahaya kepahaman dan mudahkanlah pintu karuniaMu bagi kami, wahai dzat yang maha pengasih.
DOA SESUDAH BELAJAR
"Allahumma inni astaudi'uka maa 'allamtaniihi, fardudhu ilayya 'inda haajatii ilaihi wa laa tunsinihii ya rabbal 'aalamiin"
Ya Allah, sesungguhnya aku menitipkan kepadaMu tentang apa yang telah Engkau ajarkan kepadaku, maka kembalikanlah ia kepadaku sewaktu aku membutuhkannya dan janganlah Engkau menjadikan diriku lupa akan dia, wahai Tuhan sekalian alam. Aamiin :)
Sebenarnya aku juga belum hafal sih, lebih sering berdoa pakai bahasa Indonesia (hehe, ketahuan malasnya).
Allah itu dekat, lebih dekat daripada urat leher kita, katakanlah, ceritakanlah, dan berdoalah kepadaNya.
Sebagai penutup tulisanku kali ini, ini ada quote yang bagus dari Bang Tere Liye..
"Seseorang, meski pun terlahir dari orang tua miskin, pekerjaan rendahan, tidak terkenal, ketika dia memiliki ilmu pengetahuan yang baik, derajatnya akan ditinggikan beberapa tingkat. Bukan soal kedudukan, posisi, pekerjaan, ukuran duniawi seperti itu, melainkan derajat pemahaman yang baik"
Kawan, belajar itu hakikatnya menangis sehari untuk kebahagiaan seumur hidup.

Cepu, 1 April 2013

No comments:

Post a Comment