Sunday, November 16, 2014

Tips Nulis dari Abidah

Kemarin meski telat satu setengah jam, saya datang di acara launching bedah buku Abidah El Khalieqy judulnya "Akulah Istri Teroris" di teatrikal perpus UIN Suka, Sabtu (15/11).
Ini yang bisa saya bagi untuk Anda:
Sebelum 15 tahun, ada apa?
#Untuk menjadi penulis besar, cermati apa yang mereka lakukan. Seperti apa yang Abidah lakukan? Yang GM lakukan? Atau yang Hemingway lakukan?
Dalam pembuatan novel Abidah ini misalkan, ia melakukan riset langsung ke Poso, Sulawesi dan menemui tersangka serta aparat pemerintahan setempat.

#Masalah nulis itu tinggal PD atau enggak. Begini sistemnya:
  1. Temukan objek dan tema yang ingin ditulis. Pastikan tema itu Anda cintai dulu, meski Anda punya keterbatasan tentang tema itu. Jika tidak cinta, paksa untuk cinta.
  2. Kalau Anda merasa "kurang" lakukan RISET. Yang sederhana-sederhana saja, misalnya: buku, sosial media, mengamati lingkungan, sampai langsung terjun ke lapangan.
  3. Setiap terkendala di tengah jalan (mengalami writer's block) lakukan RISET lagi.
#Anda tahu? dulu penulis-penulis besar seperti Gabriel Marquez di pidato penerimaan nobelnya bilang 85% kisah yang ditulisnya merupakan kisah yang ia alami sebelum ia berumur 15 tahun. Nah, jadikan pengalaman masa lalu Anda sebagai rujukan awal dan referensi faktual untuk Anda eksplor!

#Setiap Anda menulis, berikanlah ruang bicara bagi tokoh, subjek, dan objek tulisan Anda.

Selamat menulis!

No comments:

Post a Comment