Saturday, March 8, 2014

Membaca Karakter Ala Mas Opik


Ini salah satu kenangan IHT 2 di Banguntapan minggu (2/3) lalu :D 
Manusia satu ini selalu menghadirkan hal-hal gila dalam hidup, haha. Siang itu habis makan, kita lagi rame-ramean gitu kan, aku, Ekmil, Anis, Oli lagi duduk-duduk. Mas Opik datang ngasi pertanyaan: ”Pernah nemuin hewan bunuh diri nggak?” pertanyaan nyleneh macam apa pula ini. Ada yang jawab pernah, tapi nggak masuk juga penyebab bunuh dirinya, haha. Dalam hati sih aku ber-asumsi secara logika umum, ‘enggak’. Jawabannya, Mas Opik ingin menyampaikan ini: “Hewan itu nggak ada yang bunuh diri. Mereka kuat.. Anjing misalnya, meski dia dihina tiap hari, dia nggak pernah tuh bunuh diri”.  Menarik sekali :D Manusia sepertinya kudhu mencontoh sifat hewan yang haram hukumnya ‘bunuh diri’.

Setelah ngajuin pertanyaan itu, mas Opik ngasi soal lagi:

 “Coba kalian urutkan kelima hewan ini: tikus, macan, sapi, kuda, kucing. Terserah…” jawaban urutan kita macam-macam. Aku jawab: “kuda, macan, sapi, kucing, tikus”. Oli jawab yang pertama sapi, yang ke-empat macan. Si Ekmil dan Anis beda lagi. Kata mas Opik apa coba? Dia bilang sama Oli, “ternyata kamu meletakkan harga diri kamu di nomor  4, haha..dan kau lebih memilihk ekayaan..” kita ketawa bareng, si Oli protes. Gila, seru banget debatnya. Kenapa aku meletakkan kuda di nomor 1, karena kuda lebih fungsional dan larinya cepet :D Kata mas Opik, “Kuda itu simbol kekuasaan” -_-. Nah, simbol yang lainnya tuh yang masih jadi rahasia… :D Dari gaya ngomongnya sih sepertinya dia ngarang, ngarang tapi pas, haha.

Trus, pertanyaan lagi: “Apa yang kalian pikirkan tentang anjing?”.Oli jawab “imut”, Anis njawab “idih”, Ekmil “…..” (aku lupa). Aku jawab “setia”. Mas Opik bilang: “Komentar itu menunjukkan diri kalian dalam menilai diri sendiri” hahaha, ini baru tepat, dan si Anis protes berat :DD “Masak aku idih sih sama diri aku sendiri” kata dia.

Pertanyaan selanjutnya: “Apa pendapat kalian tentang bunga?”. Oli:  “romantis”. Aku: “Cantik”. Anis dan Ekmil lupa -_- Selanjutnya, “apa pendapat kalian tentang laut?”Aku dan Ekmil menjawab “Luas”. Kata Mas Opik, itu simbol wawasan, #ea… berarti wawasan aku dan Ekmil luas dong? :D

Trus, terakhir nih yang kontroversial: “Apa pendapat kalian tentang kopi?”.Oli: “Manis (so sweet)”. Anis: “Bikin kecanduan”. Ekmil: “Nggak bikin ngantuk”. Aku: “………..”. And you know what he says? “Itu simbol SEX kalian” ALAMAK! Ketawa guling-guling deh, saling menertawakan. Si Anis yang digoda paling parah. Kalau Ekmil, mas Opik bilang, “Berarti kalau ngantuk, gitu-gituan yuk..”. Kalau aku rahasia pabrik aja yaa, soalnya yang satu ini mas Opik sepertinya salah (alibi gara-gara jawaban tak menuntungkan, wkwk).

NB: Teknik pembacaan ini hanylah fiktif belaka, jika ada yang ditanyakan “Situ sama Oom Opik” :D

Djogja, 8 Maret 2014

No comments:

Post a Comment